Linux apakah yang dibuat Linus Torvalds

Pertanyaan ini sering terdengar di telinga. Linus Torvald tidak membuat distro linux seperti Debian, Red Hat, Ubuntu, mandriva, Slaxware Dkk, yang ia buat dengan rekan-rekannya dan sampai sekarang ia kembangkan adalah Kernel-nya.
Kernel adalah Inti dari sebuah sistem operasi. Kernel HAMPIR tidak kelihatan oleh pengguna tapi memegang peran utama dalam menjalankan komputer. Contohnya, kernel bertugas untuk memerintahkan piringan hardisk bergerak ke posisi tertentu dan menuliskan datanya di situ. Kernel juga bertugas agar suatu area yang sudah di input data tidak tertimpa oleh data lain sehingga anda tidak perlu kuatir data anda akan tertimpa oleh data yang lainnya.
Ubuntu, Mandriva, Debian, Redhat, Suse, Slaxware yang sering anda dengar itu adalah Distro Linux.
Distro Linux adalah paket sistem operasi yang berisi kernel dan program tambahan. Anda tidak akan suka melihat tampilan kernel apa lagi menggunakannya, karena itu anda membutuhkan program pendukung yang sudah disediakan oleh distro-distro ini. Semua Distro Linux ini menggunakan kernel yang sama, tapi memiliki program pendukung yang berbeda beda sehingga anda akan melihat tampilan yang enak dilihat mata.
Gambaran jelas Kernel dan Distro yaitu: Anda bisa memakan ayam bakar, ayam goreng, ayam balado(Distro) dll, semua itu memiliki bahan dasar yang sama yaitu ayam(Kernel).
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s